Gigi Persneling Suzuki Smash Sulit Pindah



Mungkin karena saya juga pakai motor smash....

Jadi saya postingkan artikel ini untuk saya baca juga :D:D:D:D ( masih waras gak )

Sungguh menjengkelkan sekali, asyik melesat dengan motor, posisi gigi di girboks

nggak mau pindah saat menyalip mobil. Padahal, tangkai persneling sudah ditekan.

Gangguan ini dialami Rahary Pengestu, koordinator dokumentasi otomotif Group dengan

tunggangannya Suzuki Samsh.



Saking parahnya, Bapak satu anak ini harus menurunkan putaran mesin sampai paling

rendah setiap hendak menaikkan gigi dari satu ke dua dan seterusnya. “Kalau rpm masih

tinggi, susah pindah giginya. Meski tuas persneling sudah ditekan,” ujar Hary –

sapaan akrab Rahary. Lucunya, lanjut warga BSD, Tangerang, ini posisi lampu

persneling di panel mau maju ke gigi berikutnya.

Untungnya Hari kenal sama mekanik Xelon Motor Waluyo di Petukangan Utara, Jakarta

Selatan dan menceritakan keluhannya. Kebetulan ia sering mengatasi persneling miss

di Smash dari model lama sampai yang terbaru.

Penyebabnya, kata Waluyo ada pada coakan (lubang pengait) di lengan penggeser posisi

drum pemindah gigi terlalu sempit. Trus, lekukan gigi matahari penahan posisi drum

terlalu landai, dan pegas stopper serta per lengan penggeser sudah mulai melemah.

“Nah, kalau coakan lengan penggeser drum pemindah gigi terlalu sempit, biasanya

putaran drum penggeser gigi girboks jadi berlebihan. Pantas jika posisi gigi sepereti

susah pindah dan lapu gear kayak mau maju lebih dari satu,” ungkap Waluyo.

Parahnya lagi, jika lekukan gigi matahari terlalu landai dan pegas stopper mulai

melemah lantaran tidak kuat menahan, terkadang posisi drum pemindah gigi jadi

ngambang alias posisi gigi jadi nggak maksimal pada tempatnya.

Cara mengatasinya, Waluyo tidak harus perrgi ke tukung bubut. Sebab, hanya

bermodalkan gerinda dan kikir, gangguan itu bisa diatasi. Di antaranya dengan

menggerinda setiap coakan lebih lebar 0,5 mm di kanan dan kiri. “tujuannya agar

tangkai pengait tidak terlalu banyak memutar posisi drum girboks dan kembali pada

posisi semula. Lekukan pada gigi matahari pun dibuat lebih dalam agar drum pemindah

gigi lebih mantap di posisi,” tambah Waluyo.

Agar tekanan tuasa persneling tidak lemas, Waluyo menyarankan mengganti pegas klengan

penggeser yang baru. Sementara untuk pegas stopper, cukup pindah posisi pengaitnya

dari lubang ke tangkai stopper.

Silakan buktikan. (KR15)

sumber : motorplus.com
===========================

Komentar

Posting Komentar